Halaman

Senin, 08 Agustus 2011

TIPS SEO : Menghindari Kesalahan Umum

Berikut beberapa tips Search Engine Optimization (SEO) : 
Menghindari Kesalahan Yang Umum Terjadi

Tips optimasi mesin pencari untuk menghindari banyak kesalahan umum yang dibuat ketika mencoba untuk mengoptimalkan situs. Terdapat Empat kesalahan Mendasar yang sering dilakukan oleh para ahli SEO.

Kesalahan Penelitian Kata Kunci (Keyword Research Error)
Manakala seorang menggunakan komputernya untuk mencari sebuah informasi, maka dia akan mengetikkan sebuah kata, kalimat atau frase dalam mesin pencari kata seperti Google, Yahoo, nowgoogle, altavista, ask dan sebagainya, dan mesin pencarian tersebut akan memberikan hasilnya berupa dafta beberapa puluh atau ratus website yang didalamnya menggunakan kata atau kalimat seperti yang diketikkan oleh si pencari informasi tadi.
Dalam teknik SEO yang baik, Anda tentu berusaha mencocokkan kata yang banyak dicari dengan kata kunci (Keyword) di halaman web Anda sehingga ketika seseorang mengetikkan kata tertentu atau sebuah frase maka diharapkan sebuah kemungkinan bahwa website anda akan muncul di urutan paling atas atau dihalaman awal dari hasil pencarian tersebut.. 
Ada sebuah metode yang terbaik untuk menentukan sebuah kata kunci dalam web anda, dimana waktu juga yang akan membuktikan efektifitas sebuah kata kunci tersebut.
Kata kunci yang terbaik adalah yang sangat relevan (berhubungan) dengan situs anda, dengan produk atau jasa anda, yang memiliki volume pencarian tinggi, kira-kira 8000 pencarian atas kata kunci tersebut sudah cukup, dan kata kunci atau frase itu memiliki kompetisi (tingkat persaingan) rendah
Relevansi adalah sangat penting. Manakala anda menjual Handphone di web anda, maka tidak perlu anda menggunakan kata kunci baterai, lebih tepat jika anda menggunakan kata kunci yang sesuai, Handphone, meskipun rating dari penggunaan kata kunci Baterai memiliki volume pencarian yang jauh lebih tinggi dari kata kunci handphone.

Untuk memahami hubungan antara popularitas (p) atau volume pencarian global bulanan, dengan kompetisi kata kunci (c), berikut rumusannya :
KEI (Indeks efektifitas kata kunci) = p2 / c

Hasil dari KEI adalah angka - angka rasio (n:1) yang mengindikasikan tingkat kemudahan pemeringkatan atas kata kunci atau frase tersebut.
Semakin besar KEI nya, maka semakin tinggi peringkatnya


Keyword Stuffing (kata kunci berulang - ulang)
Kesalahan kedua adalah adanya form isian kata kunci dalam web anda, dimana akan terdapat dualisme kata kunci dalam web anda.

Terlalu Banyak Kata kunci dalam Meta-Tag Keyword 
Banyak orang menempatkan begitu banyak kata kunci apapun dalam meta-tag keyword, dengan harapan webnya akan ditemukan melalui begitu banyaknya alternatif kata kunci.
Hal ini adalah sebuah kesalahan, karena dengan begitu tidak memberikan klue / kisi - kisi kepada spider search engine untuk memilih kata kunci mana yang anda tuju untuk menaikkan peringkat website, sehingga pada akhirnya search engine spider akan memangkas kata kunci anda.

Solusinya Sederhana. Tentukan satu atau dua kata kunci atau frase, itu saja. dan biarkan robot pencari kata akan mengetahui tujuan kata kunci di halaman utama dan kata kunci keseluruhan isi web anda.


Kualitas Konten (isi Web)
Dalam sebuah bisnis Real Estate, maka yang diutamakan adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Demikian pula dalam SEO, yang diutamakan adalah konten, konten dan konten.
Ya, Konten adalah Raja bagi sebuah Website berkualitas, penulisan konten yang buruk, tidak relevan dan tidak berguna bagi pembaca akan mengurangi jumlah pengunjung ke web anda,dan spider search engine kini telah memiliki kemampuan untuk mengetahui konten2 dari sebuah web dan dapat membedakan konten mana yang baik dan konten yang buruk.

Kuncinya adalah membuat isi situs yang menarik dan disajikan / ditujukan langsung kepada pembaca, bukan sebuah konten yang "dipaksakan" dengan kata kunci yang berulang - ulang agar dapat terbaca oleh search engine.

Grafis
Robot Search Engine mendeteksi setiap teks dan mengabaikan grafis dalam web anda. Pengecualiannya adalah grafis yang "Alt" nya terisi (sebuah deskripsi tekstual dari file grafis / gambar), maka robot search engine akan mendeteksinya pula. Jika tidak ada deskripsinya atau kosong, maka search engine akan memberi nilai Negatif pada web anda.
Maka penggunaan grafis ternyata dapat merugikan suatu website apabila kita lupa menggunakan deskripsinya. Akan tetapi penggunaan grafis sangat menguntungkan apabila kita dapat memanfaatkan penggunaan "Alt" untuk memanipulasi kata kunci dalam deskripsinya.